Welcome to my blog And Find More About Santri!!!!!

Senin, 06 September 2010

Legenda Dari Andalusia


Nama lengkap beliau adalah As- Syeikh jamaluddin abu abdillah muhammad bin abdillah bin malik at-thoiy al-andalusy. Sejak kecil beliau telah memiliki semangat belajar yang mendarah daging dalam dirinya, beliau juga memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi. Tak ayal ketika beliau baru mulai beranjak dewasa, beliau telah menjadi seorang ulama besar yang dikagumi banyak orang. Selain itu, beliau juga mampu mengembalikan semangat cinta terhadap ilmu-ilmu agama yang mulai memudar.

Rasa keingintahuannya terhadap ilmu telah mendorong beliau mengembara ke pelosok negeri untuk menggali sumber-sumber pengetahuan lebih dalam. Meski dalam suatu riwayat disebutkan beliau telah menjadi seorang yang piatu sejak kecil, namun itu tidak mematahkan semangat beliau untuk terus belajar dan berusaha.


  Beliau seorang ulama' besar ahli nahwu yang lebih dikenal dengan nama lbnu malik, lahir pada pertengahan abad VII H tepatnya pada tahun 600 H di sebuah desa kecil di pinggiran spanyol bernama jayyan.
 Pada mulanya imam ibnu malik belajar di tanah kelahirannya spanyol, namun setelah itu beliau berpindah ke halbi untuk mendalami ilmu lughot arab, madzab dan ilmu-ilmu yang lain. Pada saat itu beliau masih menganut madzab maliki. Setelah beliau menetap di halbi beberapa waktu beliau kemudian belajar di masjidil haram. Awalnya beliau merasa di tempat inilah pengembaraan beliau yang terakhir., namun ternyata tidak. Beliau kemudia pindah ke syiria dan berdomisili di damaskus. Salah satu alasan beliau menetap di syiria selain untuk belajar juga dikarenakan beliau telah menikah dengan seorang gadis asal syiria dan dikaruniai dua orang putra yakni Badruddin dan Taqiyuddin.
Di sinilah nama ibnu malik yang tawassul pada nama kakeknya menjadi melejit dan mengundang simpati para ulama' hingga kemudian beliau dijadikan rektor sebuah universitas ternama di kota damaskus. Beliau kemudian pindah bermadzab syafi'i.
Beliau juga ahli dalam hafalan, sehingga beliau mampu menguasai ulumul qur'an, mampu menguasai berbagai fan ilmu mulai nahwu, shorof, fiqih, tafsir, hadits dan banyak ilmu lain. Dalam bidang lughoh arab beliau mampu membuat kalimat musta;mal dan muhmal sekalipun, serta dapat membedakannya. Ibnu malik termasuk orang yang zuhud, hal ini terbukti adanya suatu riwayat yang menyebutkan bahwa beliau tidak pernah menela'ah sebuah kitab dalam keadaan hadats. Selain itu beliau juga dikenal sebagai mujtahid mutlak yang jenius setelah ulama kufah dan ulama basrah.
Masyayikhuhu wa talamidzuhu
Ketersohoran nama ibnu malik tentu tidak dapat dilepaskan dari jasa guru-guru beliau yang memiliki kualitas dan kredibilitas yang tinggi, seperti ibnu ya'isy, ibnul hajib, dan ibnu abi asy-syalubin. Kemasyhuran dan ketersohoran ibnu malik , telah membuat banyak orang berguru pada beliau seperti ibnu abil fath, ibnul 'author, abu abdillah as-sairafy, termasuk imam abu zakaria bin syarof an-nawawi, seorang ulama yang lebih dikenal dengan nama imam nawawi, seorang ulama ahli fiqhyang mengarang kitab al-majmu' syarhul muslim. Beliau adalah seorang murid ibnu malik yang dibanggakan ibnu malik didalam salah satu nadzham alfiyah yang beliau karang :
ورجل من الكرام عندنا
Masterpiece
Nama ibnu malik sendiri mulai meroket dikalangan ulama dan publik setelah menghasilkan sebuah karya spektakuler " nadzhmul khulashoh" atuau yang lebih dikenal dengan sebutan alfiyah ibnu malik yang beliau persembahkan untuk putranya Badruddin. Kitab alfiyah dengan 1002 baitnya ini memiliki nilai lebih yang sangat indah dan teraplikasi secara produktif. Alfiyah mengungkap misteri kehidupan dan menyibak tirai filosofi yang menjadi fenomena alam dengan kalam mujazi. Banyak para ahli nahwu yang kemudian mensyrahi alfiyah ibnu malik. Diantaranya putra beliau Badruddin muhammad, ibnu aqil, imam asymuni, imam al-makudy, dan masih banyak lagi. Tak hanya alfiyah ibnu malik, masih banyak karya-karya beliau yang lain seperti: Tashil al-fawaid wa Takmil al-maqoshid, Lmiyah al-Af'al, al-Kafiyah as-Syafiyah, iddah al-Hafidh wa umdah al-Lafidh, Sibk al-Mandhum wa fakk al-Makhtum, Ijaz at-Ta'rif dan masih banyak lagi karya beliau yang lainnya.
Sebuah peristiwa di kala mengarang nadzam alfiyah
Alkisah, sewaktu mengarang adikarya ini dan sampai pada nadzam :
فا ئقة الفية ابن معطى
Semua bait yang tersusun rapi seketika itu pudar dari ingatan beliau. Beliau kemudian bermunajat kepada allah memohon pertolongan dan pengampunan. Beliaupun tertidur dan bermimpi bertemu seseorang yang berkata dengan nada menyindir:
والحي قد غلب الف ميت
Ternyata yang ditemuinya itu tak lain adalah ibnu mu'thi, sontak beliau terbangun dan meneruskan kembali bait yang tadinya terlupakan dan memuji ibnu mu'thi dengan nadzham yang berbunyi :
وهو بسبق حائز تفضيلا * مستوجب ثنا ئي الجميلا
Demi bait mengalir hingga sempurna.
AKHIR HAYAT
Beliau menorehkan kemajuan pengetahuan dan keilmuan islam dalam sejarah kemajuan dunia. Beliau hidup pada masa keemasan Islam, namun dedikasi beliau terhadap Islam dalam memegang amanat ilmu dari Allah telah selesai bersamaan dengan wafatnya beliau pada hari selasa malam Rabu, 12 Sya'ban 672 H di Damaskus. Beliau adalah seorang sufi dan fuqoha'nya tanah Damaskus, beliau juga termasuk min jumlatil auliya' wa ahlul karomah wal istiqomah, namun Allah lebih menyukai jika sang Imam lebih dikenal sebagai seorang ahli nahwu ketimbang dikenal sebagai wali-Nya.
By: Maz Alvan Mohammad dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar